Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) adalah salah satu metode untuk mengetahui seberapa besar kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Pakpak Bharat terhadap pelayanan publik.
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dapat dikuantitatifkan dengan cara survey yaitu membuat beberapa pertanyaan yang disebarkan kepada masyarakat. 3 (tiga) hal yang perlu dinilai dalam pelayanan pemerintah meliputi : KARAKTERISTIK PENGGUNA LAYANAN, SIKAP PELAYANAN dan KONTEKS PELAYANAN.
Pertanyaan untuk ketiga subjek tersebut diatas telah diinventarisir kemudian hasil atas jawaban pertanyaan tersebut akan ditabulasi untuk nantinya diberikan indeks oleh petugas, kemudian hasilnya akan dijumlahkan dengan menggunakan SPSS.
Tata cara :
- Petugas akan menyampaikan beberapa pertanyaan kepada masyarakat yang pernah berhubungan dengan Pemkab khususnya Kantor Pelayanan Perizinan Satu Pintu dan Penanaman Modal Kab. Pakpak Bharat
- Metode yang digunakan adalah metode sampling dengan jumlah sampel minimal 80 orang dari 8 kecamatan.
- Hasilnya akan ditabulasi
- Pembuatan skor indeks
Hasil kesimpulan survey ini akan dibuat dengan merujuk kepada hasil yang telah ada dengan membuat skor. Skor atas survey ini dimulai dari angka 0 sampai dengan 1, dimana apabila semakin mendekati angkat 1 berarti tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin baik.
Contoh Pertanyaan tentang Karakteristik Pengguna Layanan :
Apa alasan atau pertimbangan Ibu/Bapak/Saudara melakukan pengurusan pelayanan sendiri?
[JAWABAN MAKSIMAL 3]
A. INGIN MEMPEROLEH PENGALAMAN TENTANG CARA PENGURUSANNYA
B. LEBIH MUDAH DAN BIAYA YANG LEBIH MURAH
C. SUDAH PERNAH MELAKUKANNYA [SUDAH BERPENGALAMAN]
D. LOKASI TEMPAT TINGGAL DEKAT JARAKNYA DARI KP2SP-PM KAB. PAKPAK BHARAT
E. KESADARAN SEBAGAI WARGA MASYARAKAT YANG BAIK
V. LAINNYA, SEBUTKAN
Contoh Pertanyaan tentang Konteks Pelayanan
Berdasarkan pengalaman Ibu/Bapak/Saudara selama mengurus pelayanan, bagaimana tingkat kemudahan untuk dapat menemui petugas pelayanan?
Sangat sulit Sulit Biasa saja Mudah Sangat mudah
a. Kantor Kelurahan/Desa [1] [2] [3] [4] [5]
b. Kantor Kecamatan [1] [2] [3] [4] [5]
c. KP2SP-PM [1] [2] [3] [4] [5]
Contoh Pertanyaan tentang Sikap Pelayanan
Berdasarkan pengalaman Ibu/Bapak/Saudara selama mengurus pelayanan, bagaimana cara/sikap petugas dalam melayani?
[1] Sangat Tidak Membantu [4] Membantu
[2] Tidak Membantu [5] SangatMembantu
[3] Biasa Saja
Dengan survey ini, maka akan mempermudah bagi pimpinan untuk mengevaluasi kinerja dan pembuatan kebijakan untuk membenahi pelayanan terhadap masyarakat (pelayanan publik). Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan atas survey ini, sehingga tujuan pembangunan akan dapat dicapai dengan maksimal.
Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dapat dikuantitatifkan dengan cara survey yaitu membuat beberapa pertanyaan yang disebarkan kepada masyarakat. 3 (tiga) hal yang perlu dinilai dalam pelayanan pemerintah meliputi : KARAKTERISTIK PENGGUNA LAYANAN, SIKAP PELAYANAN dan KONTEKS PELAYANAN.
Pertanyaan untuk ketiga subjek tersebut diatas telah diinventarisir kemudian hasil atas jawaban pertanyaan tersebut akan ditabulasi untuk nantinya diberikan indeks oleh petugas, kemudian hasilnya akan dijumlahkan dengan menggunakan SPSS.
Tata cara :
- Petugas akan menyampaikan beberapa pertanyaan kepada masyarakat yang pernah berhubungan dengan Pemkab khususnya Kantor Pelayanan Perizinan Satu Pintu dan Penanaman Modal Kab. Pakpak Bharat
- Metode yang digunakan adalah metode sampling dengan jumlah sampel minimal 80 orang dari 8 kecamatan.
- Hasilnya akan ditabulasi
- Pembuatan skor indeks
Hasil kesimpulan survey ini akan dibuat dengan merujuk kepada hasil yang telah ada dengan membuat skor. Skor atas survey ini dimulai dari angka 0 sampai dengan 1, dimana apabila semakin mendekati angkat 1 berarti tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik semakin baik.
Contoh Pertanyaan tentang Karakteristik Pengguna Layanan :
Apa alasan atau pertimbangan Ibu/Bapak/Saudara melakukan pengurusan pelayanan sendiri?
[JAWABAN MAKSIMAL 3]
A. INGIN MEMPEROLEH PENGALAMAN TENTANG CARA PENGURUSANNYA
B. LEBIH MUDAH DAN BIAYA YANG LEBIH MURAH
C. SUDAH PERNAH MELAKUKANNYA [SUDAH BERPENGALAMAN]
D. LOKASI TEMPAT TINGGAL DEKAT JARAKNYA DARI KP2SP-PM KAB. PAKPAK BHARAT
E. KESADARAN SEBAGAI WARGA MASYARAKAT YANG BAIK
V. LAINNYA, SEBUTKAN
Contoh Pertanyaan tentang Konteks Pelayanan
Berdasarkan pengalaman Ibu/Bapak/Saudara selama mengurus pelayanan, bagaimana tingkat kemudahan untuk dapat menemui petugas pelayanan?
Sangat sulit Sulit Biasa saja Mudah Sangat mudah
a. Kantor Kelurahan/Desa [1] [2] [3] [4] [5]
b. Kantor Kecamatan [1] [2] [3] [4] [5]
c. KP2SP-PM [1] [2] [3] [4] [5]
Contoh Pertanyaan tentang Sikap Pelayanan
Berdasarkan pengalaman Ibu/Bapak/Saudara selama mengurus pelayanan, bagaimana cara/sikap petugas dalam melayani?
[1] Sangat Tidak Membantu [4] Membantu
[2] Tidak Membantu [5] SangatMembantu
[3] Biasa Saja
Dengan survey ini, maka akan mempermudah bagi pimpinan untuk mengevaluasi kinerja dan pembuatan kebijakan untuk membenahi pelayanan terhadap masyarakat (pelayanan publik). Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan atas survey ini, sehingga tujuan pembangunan akan dapat dicapai dengan maksimal.
3 komentar:
Untuk mengukur kualitas pelayanan, sepertinya metode kuantitatif yang dilakukan dan diolah dengan SPSS tidak efisien memberi informasi yang sebenarnya. Kalau mau penilaian yang benar subjektif, tanyalah pada masyarakat, berbincang dengan mereka, dan temukanlah yang implisit dari pendapatnya.
SPSS sekedar membantu mengakumulasi data ataupun jawaban dari masyarakat.
Kuesionor yang diberikan untuk dijawab oleh masyarakat akan mengakomodir segala masalah dari masyarakat.
thx
terima kasih.
Posting Komentar